Bagaimana Cara Membuat Game Atau Aplikasi


















Sebelumnya minta maaf nih bagi para programer, atau para master TI karena share hal kecil begini, hehe..
Berhubung ternyata masih banyak juga yang tidak tahu hal kecil seperti ini khususnya di Negri kita ini,

Sering saya melihat seseorang yang sedang bermain game lalu orang tersebut kagum dengan game yang di mainkannya, lalu dia bertanya sendiri, kenapa bisa bagus seperti ini? bagaimana game ini dibuat?, bagaimana cara membuatnya?, dan sebagainya.
Atau seseorang yang sedang menjalankan aplikasi, karena kagum dan pemasaran lalu timbul pertanyan tersebut.

Lalu taukah bagai mana itu di buat? yang udah tau nyimak aja yah.
Semua itu di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman, yaitu instruksi atau komando untuk memerintah komputer dengan mengetikan kode-kode yang di mengerti oleh komputer.

Layaknya bahasa manusia, semua bahasa memiliki aturan serta tata tulis tertentu.

Jadi singkatnya kita memerintah komputer untuk melakukan hal tertentu seperti menggerakan objek, menampilkan gambar, suara dan masih banyak lagi, dengan bahasa yang hanya di mengerti oleh komputer berupa teks kode tertentu.

Bahasa pemrograman dapat di klasifikasikan menjadi beberapa tingkat, dan semakin tinggi tinkatnya maka akan sedikit lebih dekat dengan bahasa manusia.

Bahasa Tingkat Tinggi

yaitu bahasa yang yang memiliki ciri-ciri mudah di mengeti karena memakai intruksi dari unsur kata-kata bahasa manusia seperti, if, and, end, or, dan lainnya, bahasa pemrograman yang termasuk tingkat tinggi adalah Python, C++, Java, Pascal, .NET dan lainnya.

Bahasa Tingkat Menengah

Yaitu bahasa yang komputer yang memakai campuran bahasa intruksi dalam bahasa manusia seperti dan sebagainya. yang termasuk tingkat ini adalah bahasa C

Bahasa Tingkat Rendah

memberikan perintah pada komputer dengan memakai kode-kode singkat, contoh SUB, CMP, JMP, JGE, JL, dan lainnya. contoh bahasa tingkat rendah adalah assembly


Bahasa Mesin

memberikan perintah kepada komputer dengan menggunakan kode bahasa binner, contoh 01100101100110


Pemrograman sebenarnya tidak hanya untuk komputer saja, kita dapat memprogram aplikasi pada handphone, atau gadged lainnya, kita juga dapat memprogram sebuah robot, sehingga dapat melakukan intruksi sesuai yang kita inginkan.

4 komentar:

bend mengatakan...

wah mantab gan, kalu sekalian contoh membuatnya boleh juga gan :D

Unknown mengatakan...

@bend:Kebetulan ane bukan seorang programer gan,mungkin belom kali hehe.., cuman suka iseng-iseng aja utak-atik kode pemrograman

Diponk 27 Blog mengatakan...

pengen coba' ach, thanks ea....

Jangan lupa kunjung balik dan follow back ea sob

Unknown mengatakan...

Ok gan. Thanks telah mampir!

Posting Komentar

 
© 2012 Alusplus | Blogger.com