Cara Membedakan Madu Asli Atau Palsu

Siapa yang tak tau madu, cairan manis ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Banyak jenis produk madu yang di jual di pasaran, tapi taukah bahwa madu yang di jual itu belum tentu asli. Banyaknya produk yang di jual di pasaran membuat  madu tersebut rentan terhadap pemalsuan.

Madu bisa saja di campurkan bahan lain seperti air, gula, ragi atau zat lain, bahkan ada juga madu yang bukan 100% madu asli atau madu buatan. Memang jika di lihat agak sulit membedakan mana yang asli.

Berikut pemahaman yang suka salah artikan terhadap madu asli dan palsu

- Madu alami tidak dikerubutin semut, ini belum tentu karena memang ada sebagian semut yang tidak suka madu umumnya adalah semut besar, dan untuk semut kecil biasanya akan menyukainya.

- Madu asli tidak haru selalu manis, ini tergantung jenis bunganya

- Madu asli tidak akan membeku jika di masukan ke dalam kulkas, ini belum tentu benar, karena madu asli juga mengandung mineral yang dapat mencapai 25%, jadi bisa saja membeku.

Ada beberapa cara untuk membedakan mana madu yang asli dan madu yang palsu

- Dengan mencampurkan madu dengan air, madu yang asli tidak akan tercampur, dan sebaliknya bagi yang palsu

- Jika di masukan ke piring yang berisi air, lalu di goyang-goyang, maka madu yang asli akan membentuk pola yang mirip dengan sarang lebah, sedangkan yang palsu tidak, bahkan akan bercampur karena memiliki kadar air yang tinggi.

- Teteskan madu pada kertas, madu yang palsu akan terserap oleh kertas karena kadar airnya tinggi

- Panaskan madu pada sebuah sendok yang di bakar dengan lilin, madu yang asli akan mendidih hingga busanya tumpah, sedangkan yang palsu tidak dan busanya sedikit

- Memasukan batang korek api pada madu beberapa saat, setelah itu di pantik (dibakar) dengan korek api, jika masih korek tersebut masih menyala, berarti madu itu asli

- Mencampurkan madu dengan kuning telur, maka telur tersebut akan ter-koagulasi yang terlihat seperti matang, karena madu mengandung asam, dan telur mengandung protein yang bila di campur akan menggumpal dan terlihat seperti matang.

Demikian beberapa tips cara membedakan madu yang asli.
Semoga bisa bermanfaat.








14 komentar:

Askep mengatakan...

makasih byk infonya, kmrin beli madu kok rsa mnisnya aneh bgt bkin tenggorokn nyeri... eMingko Blog

Arick's Zone mengatakan...

saya biasanya ngeceknya makek cara yang pertama...mpung dirumah bnyak semut..hehe..trnyta ada banyak cara toh..thanks yaa...:)

SepatuBandung.com mengatakan...

Menurut saya, cara ngetes madu asli apa nggak adalah dengan memberikannya ke ISTRI. Jika dia NGAMUK ... dipastikan itu adalah MADU Asli.

Khan gak ada istri yg rela dimadu :-D

Abahnya Syifa Nasywa mengatakan...

Mohon maaf berbeda pendapat.

Point no. 1, 3, 4, 5 tidak bisa dijadikan ukuran keaslian madu, tapi lebih ke kualitas madu. Madu yang yang berkualitas yang kadar airnya terjaga. Tapi bukan berarti kadar air tinggi secara otomatis menjadikan status madu serta merta langsung menjadi palsu.


Sifat madu yang hidroskopis (menyerap air) menyebabkan madu hutan secara alami kadar airnya tinggi karena ada di alam terbuka dan bersentuhan langsung dengan alam.

Caplebah mengatakan...

Mumpung lagi ngomongin madu, yang dari alam Indonesia kualitasnya juga baik kok...nah follow kita yah di @caplebah

Makasih :-)

Heri Herulloh mengatakan...

@Askep:Terimakasih juga telah mampir

Heri Herulloh mengatakan...

@SepatuBandung.com:boleh juga tipsnya hehe..

Heri Herulloh mengatakan...

@Abahnya Syifa Nasywa:Iya bener juga gan, emang sekarang banyak madu dengan kandungan air tinggi, bahkan di tambahkan dengan pemanis lain atau dengan madu buatan seperti gula ,cuka dan bahan lainnya.

Taman Bacaan mengatakan...

Di tempat saya, banyak madu asli,
apa mau coba ?
he he.

salam

usaharumahan mengatakan...

klo sy suka cek madu pake korek api...trim's tips nya.

Mita Rusmiati (Teh Azka) mengatakan...

thx infonya...sangat bermanfaat....:)

bimaSakti85 mengatakan...

thx infonya om
berhubung saya juga sering konsumsi madu, nanti saya coba cek madunya asli apa ndak :D

Jefry mengatakan...

terkadang madu yang ada di pasaran belum tentu asli walau tertulis asli dan murni
trims atas tips2nya, sangat membantu sekali

Artikel kesehatan mengatakan...

Di Kalimantan timur masih banyak madu asli alami, namun jika kurang teliti, tetap aja ketipu, karena madu asli beli dikampung dayak, begitu dikota sdh di Oplos. hehehe

Posting Komentar

 
© 2012 Alusplus | Blogger.com