Pengertian HTML

Bagi para penguna dunia maya sudah tak asing lagi dengan yang namanya halaman internet, ya iyalah kalo gak ada halaman internet apa yang mau di lihat, hehe.
Tapi  taukah bagai mana itu di buat? sering kita melihat halaman dengan antar muka yang bagus dan menarik, lalu timbul pertanyaan bagai mana itu di buat.

Pada dasarnya halaman internet atau web page di buat dengan mengetikan kode-kode HTML disebut pula tag HTML, walaupun nantinya dapat di barengi dengan CSS, Java Script, dan lainnya.
Jadi apa HTML itu?. HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah bahasa standar yang di gunakan untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) dengan menetikan kode-kode tertentu.

Jadi suatu halaman internet pada dasarnya hanyalah sebuah dokumen yang terdiri dari teks-teks (kode) saja, lalu teks yang berisi kode-kode tersebut di terjemahkan oleh web browser (Firefox, Opera, IE, dan lainnya) menjadi halaman web. Intinya kita memasukan kode atau bahasa yang di mengerti oleh web browser berupa teks, lalu web browser tersebut menterjemahkannya seperti tabel, warna text, link, gambar, dan lainnya.

Jika anda ingin melihat kode HTML dari halaman yang kita lihat, yaitu dengan klik kanan lalu pilih lihat kode sumber laman (view source) atau tekan CTRL+U , maka akan terlihat kode-kode yang membentuk halaman tersebut. Tapi mungkin akan sedikit bingung khususnya  pemula bila melihat kode halaman web yang lengkap.

Anda sendiri bisa membuat halaman web yang sangat sederhana, coba ketik kode berikut di text editor (notepad, gedit, atau lainnya)
<html>

<head>
<title>BELAJAR HTML</title>
</head>

<body>

<h1>Ini Judul Halaman</h1>
<p>Ini paragraf halaman web</p>

</body>
</html>


Jika sudah simpan dan beri nama percobaan.html , setelah itu klik kanan pada file yang sudah kita buat tadi, lalu open with firefox, atau browser lainnya yang ada atau bisa juga di double klik, lalu lihat hasilnya.

Walaupun sekarang sudah serba praktis, kita hanya perlu mengetik artikel saja di website kita dan semua beres, tapi tidak ada salahnya kita mempelajarinya, dengannya kita dapat mengubah dan mempercantik  halaman web sesuai keinginan kita.

Jika tidak ingin repot sudah disediakan HTML editor buatan Mohammad Mustafa Ahmedzai (http://www.mybloggertricks.com/). Editor ini diginakan untuk mengedit HTML, CSS, dan Java script dan kita dapat melihat hasilnya. Filenya juga kecil ber format .html sekitar 8KB dan kelebihannya yaitu bisa di gunakan secara offline, serta gratis pula.
Untuk mendownload dan informasi lebih lanjut bisa lihat langsung di situsnya.

Untuk mencobanya klik tombol di bawah (Coba disini!), ketik atau copy kode HTML di atas sebagai contoh, dan pastekan pada editor di sebelah kiri (sebelumnya hapus dulu teksnya dengan meng klik tombol Clear di bawah), lalu klik tombol Preview untuk melihat hasilnya.


coba kode html di sini



0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2012 Alusplus | Blogger.com